Khutbah Jum’at : Hikmah Musibah & Ujian l Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.


Ummatal Islam…Allah Subahanahu wa Ta’ala memberikan kepada kaum mukmini berbagai macam ujian untuk semakin menyaring keimanan dan semakin memurnikan keimanan kepada Allah Rabbal ‘Izzati wal Jalaalah. Bagaikan emas apabila ia dimasukan ke dalam api dan disaring maka akan semakin terlihat kemurniannya.

Ummatal Islam…Allah Ta’ala berfirman:

الم، أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ
“Alif laam miim, apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?” (QS Al-Ankabut [29]: 1-2)

Orang yang telah menyatakan keimanan kepada Allah sudah pasti akan diuji oleh Allah Ta’ala. Ujian itu bisa berupa perintah, terkadang dengan larangan, dan ujian itu terkadang dengan musibah. Di antaranya Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لَيَبْلُوَنَّكُمُ اللّهُ بِشَيْءٍ مِّنَ الصَّيْدِ تَنَالُهُ أَيْدِيكُمْ وَرِمَاحُكُمْ لِيَعْلَمَ اللّهُ مَن يَخَافُهُ بِالْغَيْبِ فَمَنِ اعْتَدَى بَعْدَ ذَلِكَ فَلَهُ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan sesuatu dari binatang buruan yang mudah didapat oleh tangan dan tombakmu supaya Allah mengetahui orang yang takut kepada-Nya, biarpun ia tidak dapat melihatNya. Barang siapa yang melanggar batas sesudah itu, maka baginya azab yang pedih.” (QS Al-Maidah [5]: 94)
Rekaman audio: http://www.radiorodja.com/?p=
Rodja.TV: http://rodja.tv/