Keutamaan Niat dalam Beramal – Ustadz Abdullah Zaen, Lc.


Keutamaan Niat dalam Beramal – Ustadz Abdullah Zaen, Lc.

Inilah ceramah yang berjudul “Besar Jadi Kecil, Kecil Jadi Besar”. Apa maksudnya? Pemateri bermaksud menguraikan tentang ikhlas dalam Islam, pentingnya belajar tauhid setiap saat, mengetahui fungsi niat dalam kehidupan dan mengenal cara meluruskan niat karena Allah. Kesemuanya berasal dari rangkuman hadits tentang niat.

Kedudukan niat dalam beramal merupakan hal urgen yang harus kita ketahui, sebab padanya terkait diterima atau tidaknya suatu amalan dari seseorang. Dalil niat karena Allah disebutkan dalam hadits pertama pada kitab Arba’in Nawawiyah. Kita juga mengetahui darinya berupa hadits tentang niat baik semata tidak dapat diterima manakala pelaksanaannya tidak sesuai petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana tercantum dalam hadits kelima; Ibtida’ fid din mardud (Membuat perkara baru dalam agama tertolak).

Lalu pemateri membawakan kumpulan hadits tentang niat, bagaimana agar niat yang ikhlas diterima oleh Allah Ta’ala? Kedudukan niat ini masuk pula ke dalam pembahasan hijrah. Hijrah hati dari berniat jelek menuju hijrah untuk berniat yang baik. Cara hijrah ialah dengan meninggalkan masa lalu kita yang tidak baik. Jika hal tersebut terlaksanana, maka tujuan hijrah akan mudah tercapai.

Makna ikhlas dan arti ikhlas sesungguhnya, dapat Anda realisasikan dalam kehidupan sehari hari (makna ikhlas dalam hidup). Dari makna ini, Anda akan mudah mendeteksi ciri ciri orang ikhlas dan dapat mendefinisikan ilmu ikhlas. Ilmu ikhlas adalah latihannya setiap hari dan ujiannya tidak terduga sebagaimana makna sabar.

*
MASIH CARI ARTIKEL ISLAM DI GOOGLE?
Yuk, cari di Yufid.com (Islamic Search Engine) saja. Insyaallah lebih menenangkan hati!
*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar lebih tentang Islam: http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook: https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram: https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram: https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website: http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store: http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE:

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal: finance@yufid.org

NB:
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di: https://goo.gl/y7o7Se