Ustadz Erwandi Tarmizi, BAB PERDAMAIAN (BAGIAN KE-1), KITAB MATAN ABU SYUJA’


BAB PERDAMAIAN – BAGIAN KE-1 – KITAB MATAN ABU SYUJA’ (USTADZ DR. ERWANDI TARMIZI, M.A.)
Kajian oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.
Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib atau biasa disebutMatan Abu Syuja’, kajian ini mengambil pembahasan khusus yaitu yang berkaitan dengan fiqih mu’amalat. Kitab ini merupakan kitab fiqih Madzhab Syafi’i, karya Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. pada Jumat pagi, 18 Syaban 1436 / 5 Juni 2015. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Erwandi telah menyampaikan tentang “Bab Al-Hajr (Bagian ke-2)“, dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas Kitabul Buyu’ yaitu tentang “Bab Perdamaian (Bagian ke-1)“.
RINGKASAN KAJIAN KITAB MATAN ABU SYUJA’
KITABUL BUYU’ (كتاب البيوع) BAB PERDAMAIAN (BAGIAN KE-1)
Pada kajian kali ini akan dibahas mengenai permasalah “Bab Perdamaian” atau “Bab Suluh” dalam perdagangan. Penulis kitab ini, yaitu Syaikh Abu Syuja’ Ahmad bin Al-Husain bin Ahmad Al-Ashfahani rahimahullah berkata:
ويَصِحُّ الصُّلح مع الإقرار في الأموال، وما أفضى إليها، وهو نوعان: إبراء ومُعَاوَضَة:
فالإبراء: اقتصاره من حقه على بَعْضِه، ولا يجوز تعليقه على شرط.
والمعاوضة: عدولُه عن حقه إلى غيره، ويجري عليه حكم البيع.
Sahnya perdamaian disertai dengan penetapan dalam masalah harta dan apa yang membawa kapadanya, dan ini terbagi menjadi dua macam, yaitu pembebasan dan penukaran.
Pembebasan adalah mengurangi sebagian dari haknya, dan tidak diperbolehkan mengkaitkan syarat tertentu.
Penukuran adalah mengalihkan dari haknya kepada selainnya, dan berlaku padanya hukum jual beli.
Simak selengkapnya pembahasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan perdamaian dalam perdagangan ini bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi. Semoga bermanfaat.