Kajian Sejarah Nabi Muhammad: Perang Bani Nadir – Ustadz Abdullah Zaen, MA


Kajian Sejarah Nabi Muhammad: Perang Bani Nadir – Ustadz Abdullah Zaen, MA

Pada pertemuan yang lalu sudah dibahas aktifitas yang pertama yaitu membangun masjid. Pada kali ini akan dibahas akan membahas aktifitas yang kedua yaitu mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar. Kaum Muhajirin adalah muslim sama seperti kaum Anshar. Muslim dipersaudarakan dengan muslim, bukankan sesama muslim adalah saudara?

Bukan sesuatu yang baru adanya persaudaraan diantara kaum mukminin. Yang namanya persaudaraan itu ada konsekuensinya, diantaranya saling tolong-menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan.

Sehingga pembahasan kali ini bukan membahas persaudaraan yang bersifat umum akan tetapi persaudaraan yang bersifat khusus antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam merasa tidak cukup hanya dengan mengingatkan para sahabatnya tentang wajibnya bersaudara secara mukmin secara umum karena ini kondisinya sangat spesial.

Spesialnya;
1. Ketika kaum Muhajirin masuk ke kota Madinah mereka tidak membawa bekal apa-apa/perbakalan secukupnya,
2. Kaum Anshar yang ada di Madinah rata-rata pekerjaan mereka adalah bertani karena tanah di Madinah lebih subur dibanding di Mekah. Begitu kaum Muhajirin berhijrah ke Madinah maka mereka tidak bisa bertani. Belum lagi perbedaan suhu, perbedaan iklim.

*
►► SUBSCRIBE di sini untuk belajar lebih tentang Islam : http://www.youtube.com/subscription_center?add_user=moslemchannel
*
YUK, FOLLOW SOSIAL MEDIA YUFID.TV LAINNYA UNTUK MENDAPATKAN UPDATE VIDEO TERBARU!
Fabebook : https://www.facebook.com/Yufid.TV/
Instagram : https://www.instagram.com/yufid.tv/
Telegram : https://telegram.me/yufidtv
Yufid.TV Official Website : http://yufid.tv
*
YUK, DUKUNG YUFID.TV!
Yuk, dukung dengan belanja di Yufid Store : http://yufidstore.com
*
DONASI UNTUK VIDEO DAKWAH DAPAT DISALURKAN KE :

BNI SYARIAH
0381.346.658
a.n. YUFID NETWORK YAYASAN

BANK SYARIAH MANDIRI
7086.882.242
a.n. YAYASAN YUFID NETWORK

Paypal : finance@yufid.org

NB :
Rekening di atas adalah rekening khusus donasi Yufid Network, jadi Anda tidak perlu konfirmasi setelah mengirimkan donasi. Cukup tuliskan keterangan donasi pada saat Anda transfer.

Link catatan penerimaan donasi Yufid Network selama ini dapat Anda lihat di : https://goo.gl/y7o7Se