Bahaya Pemikiran Khowarij – Ustadz Dr. Firanda Andirja, MA


Di antara firqah yang menyimpang dalam Islam adalah kelompok Khawarij yang suka mengkafirkan kemudian membunuh umat Islam yang mereka vonis kafir. Ini adalah puncak dari keburukan yang ada pada kelompok ini. Di zaman dahulu mereka mengkafirkan Ali bin Abi Thalib, Muawiyah bin Abi Sufyan, dan sahabat-sahabat yang lainnya, lalu berperang menghadapi mereka.

Demikian pula di masa kini, ada sekelompok orang, yang mereka namakan diri mereka dalam kelompok ISIS (Islamic State in Iraq and Sham) atau mereka sebut IS (Islamic State), mereka kafirkan orang-orang yang bersyahadat bahwa tidak ada ilah yang benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Setelah itu, mereka perangi orang-orang tersebut. Mereka datang dari Irak kemudian masuk ke Suriah memerangi umat Islam yang ada di sana. Mereka kafirkan pemerintah Arab Saudi lalu mereka datangi perbatasannya dan mengadakan kontak senjata dengan tentara-tentar kerajaan tersebut. Padahal tentara-tentara itu adalah umat Islam. Sementara tidak ada satu peluru pun yang mereka arahkan untuk memerangi Yahudi di Palestina.

Benarlah apa yang dikatakan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang mereka “Memerangi umat Islam dan membiarkan para penyembah berhala”. (copas)